Dewan Minta RSUD. Pirngadi Dan Puskesmas Tingkatkan Pelayanan 

Dewan Minta RSUD. Pirngadi Dan Puskesmas Tingkatkan Pelayanan 

8 April 2022 0 By admin tabayyun
Spread the love

Medan, Tabayyun.id : Komisi II DPRD Medan sepakat mendesak Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan, dr Taufiq Ririansyah, melakukan reformasi publik terkait peningkatan pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyatakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pirngadi Medan. 

Sehingga citra buruk pelayanan puskesmas dan RS Pirngadi yang sempat melekat di masyarakat, dapat dipulihkan ke depannya.

Desakan itu disampaikan sejumlah anggota Komisi II DPRD Medan yang membidangi kesehatan itu saat melakukan Rapat Dengar Pendspat (RDP) dengan Dinas Kesehatan di ruang komisi, beberapa waktu lalu. 

Rapat dipimpin Wakil Ketua Komisi  II, Sudari, didampingi Sekretaris Dhiyaul Hayati, dan dihadiri anggota Haris Kelana Damanik, Afif Abdillah, Johannes Hutagalung dan Janses Simbolon. 

“Kadinkes harus mampu berinovasi lakukan perbaikan pelayanan kesehatan di Puskesmas,” ujar Haris Kelana Damanik saat mengikuti rapat. 

Dikatakan Haris, selain pembenahan fasilitas puskesmas, juga harus merubah pelayanan tata krama tenaga medis. “Cara komunikasi yang ramah kepada pasien. Penting perbaikan mental di puskesmas,” tegas Haris.

Kritikan lain juga disampaikan anggota dewan lainnya yakni Afif Abdillah, yang minta Kadiskes Medan mampu memberikan pelayanan prima di puskesmas dan RS. Pirngadi. 

“Pastikan perawat dengan ramah. Komunikatif dengan bahasa yang santun,” ujar Afif.

Ditambahkan, bagi tenaga medis yang ditempatkan di puskesmas, harus dipastikan sudah terlatih dan memiliki sertifikasi. Begitu juga untuk mendukung pelayanan prima maka disarankan setiap puskesmas memiliki call center dan mengarah ke digital pelayanan.

Sedangkan anggota dewan lainnya, Johannes Hutagalung, menyoroti terkait SDM tenaga medis yang perlu ditingkatkan. “Yang pasti mulai tenaga medis dan pegawai lainnya harus mempelajari tentang psikologis. Sehingga antara pelayan dan yang dilayani dapat saling paham,” sebutnya.

Begitu juga dengan sorotan yang disampaikan Wakil Ketua Komisi II, Sudari, yang menyebut kondisi pelayanan puskesmas di Medan saat ini banyak yang tidak layak. Ia minta Kadiakes Medan, Taufiq Ririansyah, serius melakukan perubahan perbaikan.

“Petugas di RS Pirngadi dan puskesmas banyak yang memberi pelayanan butuk kepada pasien. Jangan saat anggota dewan saja yang menghubungi terlihat humanis, tapi haruslah kepada masyarakat juga,” pinta Sudari.

Menyikapi sorotan dewan, Kadiskes Kota Medan dr Taufiq Ririansyah, mengatakan terkait pelayanan tenaga medis di puskesmas yang tidak humanis, saat ini pihaknya sudah mulai menerapkan 3M yakni Senyum Sapa dan Sentuh. “Kepada nakes tetap kita tenekankan agar memperbaiki pelayanan dan meningkatkan etika,” ujarnya.

Selain itu, Taufiq mengatakan sudah menginstruksikan kepada setiap puskesmas sudah mulai menerapkan sistem resepsionis. Hal itu guna menjembatani pasien dengan petugas. ‘Dan saat ini kita sedang menggalakkan pelatihan dan tata krama kepada semua petugas,” kata Taufiq. (erwe)

Teks foto: Suasana rapat Komisi II DPRD Medan dengan Dinas Kesehatan Kota Medan, beberapa hari lalu. (Ist)